created by Heri Purwanto. Powered by Blogger.
Selamat Datang di Blog Kreatifitas Elektronika, Media Pembelajaran Elektronika Dan Science

Saran,kritik dan masukan selalu kami harapakan demi kebaikan dan kebermanfaatan dari blog ini. Saran dapat disampaikan pada buku tamu, Kotak Saran atau Email di her_iwan8b1@yahoo.com, FB: Heri Purwanto Trimakasih.

Friday, August 9, 2013

Adaptor

Posted by heri On 7:56 PM No comments




Standar Kompetensi
Pembuatan Benda

Kompetensi Dasar

Mengerjakan Proyek membuat Sumberdaya Adaptor dengan mengaplikasikan skema rangkaian sumber daya adaptor ke papan PCB

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menguasai ilmu dasar adaptor

1.Pengertian
Adaptor adalah perangkat elektronik yang dapat merubah tegangan listrik (AC) yang tinggi menjadi tegangan listrik (DC) yang rendah, tapi ada juga adaptor yang dapat merubah tegangan listrik yang rendah menjadi tegangan listrik yang tinggi.








2.Macam-macam Adaptor
Secara umum adaptor adalah alat elektronika yang dapat menyesuaikan atau merubah tegangan listrik, maksudnya adalah merubah sumber tegangan listrik utama yaitu dari PLN menjadi tegangan listrik yang dapat digunakan untuk disesuaikan dengan perangkat elektronik yang akan dipakai, misalnya seperti Televisi, Radio, gadget dan lain lain. Ada beberapa jenis atau macam macam adaptor antara lain :
1.Adaptor DC Converter
Yaitu  adaptor yang dapat merubah tegangan DC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Misalnya : Dari tegangan 12v menjadi tegangan 6v.

2.Adaptor Step Up dan Step Down
Adaptor Step Up adalah adaptor yang dapat merubah tegangan AC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. Misalnya : Dari Tegangan 110v menjadi tegangan 220v.Adaptor Step Down adalah adaptor yang dapat merubah tegangan AC yang besar menjadi tegangan AC yang kecil. Misalnya : Dari tegangan 220v menjadi tegangan 110v. Adaptor Step Up maupun adaptor Step Down alatnya sama, tinggal bagaimana cara kita menggunakannya.












3.Adaptor Inverter
Yaitu adaptor yang dapat merubah tegangan DC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. Misalnya : Dari tegangan 12v DC menjadi 220v AC.













4.Adaptor Power Supply
Yaitu Adaptor yang dapat merubah tegangan listrik AC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Misalnya : Dari tegangan 220v AC menjadi tegangan 6v, 9v, atau 12v DC.
Adaptor power supply dibuat untuk menggantikan fungsi baterai atau accu agar lebih ekonomis. Adaptor power supply ada yang dibuat sendiri, tetapi ada yang dibuat dijadikan satu dengan rangkaian lain. Misalnya dengan rangkaian Radio Tape, Televisi, dll.














3.Rangkaian Adaptor
Pada rangkaian adaptor dibawah ini yangakan dibahas adalah adaptor jenis power supply yaitu Adaptor yang dapat merubah tegangan listrik AC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Misalnya : Dari tegangan 220v AC menjadi tegangan 6v, 9v, atau 12v DC.













4.Prinsip Kerja Adaptor
Tegangan 220 V Ac dari PLN  diturunkan oleh transformator step down menjadi tegangan AC  3, 4,5, 6 , 9 atau 12 tergantung dari pilihan yang kita pilih melalui saklar, tegangan yang sudahditurunkan  disearahkan oleh bagian penyearah (penyearah gelombang penuh oleh 4 dioda) menjadi tegangan 3, 4,5, 6 , 9 atau 12 DC tergantung dari pilihan yang kita pilih.kemudian  tegangan D  masuk ke bagian filter untuk
 diratakanmenjadi tegangan output.






5.Komponen penyusun Adaptor
a.Trafo engkel 500 mA dengan tegangan primer 0 dan 220 V; tegangan sekunder 0, 3V, 4.5V, 6V, 9V dan 12 V sebanyak 1 buah
b.Saklar on-off sebanyak 1 buah
c.Saklar putar untuk 5 posisi sebanyak 1 buah
d.Dioda silikon tipe 1N4002, 1A sebanyak 4 buah
e.Kapasitor elektrolit 2200 mikro Farrad 25 volt sebanyak 1 buah
f.PCB ukuran 6cm x 10cm sebanyak 1 buah
g.Socket banana merah dan hitam masing-masing 1 buah
h.Socket AC sebanyak 1 buah
i.Lampu led 5 mm 1 buah
j.Resistor 680 Ohm 1 buah
k.Kabel secukupnya
l.Timah solder
m.Baut dan mur diameter 3 mm secukupnya
n.Box plastik ukuran 50mm x 85mm x 125 mm sebanyak 1 buah


Candra,Arifianto.2010.Jago Elektronika Rangkain sistem otomatis. Elek media Komputindo
Syarifudin Uyuk.2010.Elektronika 1. Yudhistra
MGMP Klaten. 2010.LKS Elektronika 1,2,3.Klaten. Sinar Mandiri
http://digilib.ittelkom.ac.id
http://infokejepang.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-adaptor-tahap-demi-tahap.html
http://arjun-service.blogspot.com/2011/01/cara-membuat-power-supply-adaptor-untuk.html
http://bagaskawarasan.wordpress.com/2011/10/06/adaptor/
http://ilmushoru.wordpress.com/2011/04/03/prinsip-kerja-adaptor/
http://widi-ary.blogspot.com/p/rangkaian-sumber-daya-adaptor.html
http://djukarna.wordpress.com/2012/04/19/praktikum-membuat-adaptor/

Soal & Pembahasanya

1. Jelaskan pengertian dari adaptor
2. Sebutkan 4 jenis adaptor
3. Apakah power suply itu
4. Jelaskan Prinsip Kerja adaptor


Pembahasan
Jawaban no 1
Adaptor adalah perangkat elektronik yang dapat merubah tegangan listrik (AC) yang tinggi menjadi tegangan listrik (DC) yang rendah, tapi ada juga adaptor yang dapat merubah tegangan listrik yang rendah menjadi tegangan listrik yang tinggi.

Jawaban 2
Adaptor DC Converter
Adaptor Step Up dan Step Down
Adaptor Inverter
Adaptor Power Supply

Jawaban 3
Yaitu Adaptor yang dapat merubah tegangan listrik AC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Misalnya : Dari tegangan 220v AC menjadi tegangan 6v, 9v, atau 12v DC. Adaptor power supply dibuat untuk menggantikan fungsi baterai atau accu agar lebih ekonomis. Adaptor power supply ada yang dibuat sendiri, tetapi ada yang dibuat dijadikan satu dengan rangkaian lain. Misalnya dengan rangkaian Radio Tape, Televisi, dll.

Jawaban no 4
Tegangan 220 V Ac dari PLN diturunkan oleh transformator step down menjadi tegangan AC 3, 4,5, 6 , 9 atau 12 tergantung dari pilihan yang kita pilih melalui saklar, tegangan yang sudahditurunkan disearahkan oleh bagian penyearah (penyearah gelombang penuh oleh 4 dioda) menjadi tegangan 3, 4,5, 6 , 9 atau 12 DC tergantung dari pilihan yang kita pilih.kemudian tegangan D masuk ke bagian filter untuk diratakanmenjadi tegangan output.




0 comments:

Site search